Peminjman Pablo Mari Yang Berkaki kiri Tunjukan Arteta Punya Rencana

minggu ini, Arsenal menandatangani bek tengah Pablo Mari dengan kontrak pinjaman enam bulan. Bahwa ia berkaki kiri menunjukkan bahwa Mikel Arteta memiliki rencana khusus, yang ia tempelkan dan eksekusi.

Bahkan 18 bulan masa jabatannya, pertanyaan menggantung di kepala pelatih Arsenal Unai Emery mengenai filosofinya. Apa filosofi pembinaannya? Apa prinsip taktis utamanya? Apakah dia punya identitas? Bagaimana dia ingin timnya bermain? Kehadiran keraguan ini cukup memprihatinkan.

Penggantinya, Mikel Arteta, tidak mungkin sebaliknya. Dibor dengan baik dan sangat menuntut, Arteta memiliki pendekatan yang sangat jelas bahwa ia mengharuskan setiap pemainnya untuk mengeksekusi dengan cara yang sangat spesifik. Dan jika mereka tidak bisa atau tidak, dia akan menemukan seseorang yang mau. Singkatnya, pembalap Spanyol itu punya rencana dan dia mengharapkan para pemainnya untuk melaksanakan rencana itu.

Ini diilustrasikan lebih lanjut oleh bisnis transfer klub minggu ini. Arsenal mengontrak pemain tengah Spanyol Pablo Mari dari Flamengo dengan status pinjaman enam bulan. Pembalap Spanyol itu adalah bek berpengalaman yang akan masuk ke dalam rotasi setengah bagian tengah The Gunners karena mereka berurusan dengan banyak cedera yang tampaknya akan menggagalkan pertahanan yang sudah goyah di paruh terakhir musim ini. Mari bukanlah penyelamat; ia hanyalah tubuh lain untuk dilemparkan ke masalah, yang murah dan tersedia.

Tetapi jangan berpikir bahwa Arteta belum menyelidiki bagaimana Mari akan masuk ke dalam rencananya dengan sangat detail dan perhatian. Dia punya. Berikut ini adalah kutipan dari laporan Sam Dean tentang kesepakatan Mari di The Telegraph. Ini membantu menerangi fokus yang diberikan Arteta elemen yang sangat spesifik dari pemain tertentu – dalam hal ini penandatanganan – dan bagaimana mereka akan masuk ke dalam rencana menyeluruhnya:

“Adalah kaki kiri Mari yang mewakili aspek paling menarik dari kesepakatan itu. Semua bek tengah Arsenal saat ini – David Luiz, Sokratis, Rob Holding, Calum Chambers, Shkodran Mustafi – adalah kaki kanan. Arteta adalah pelatih yang fokus pada detail yang lebih baik dari permainan build-up mereka dan opsi bek kiri akan memberikan lebih banyak keseimbangan dalam kepemilikan. ”

Arteta telah secara khusus meminta bek tengah kaki kiri untuk berpasangan dengan dominasi kaki kanan dari opsi yang ada – Arsenal saat ini tidak memiliki bek tengah kaki kiri lainnya di seluruh skuad. Baru-baru ini, Granit Xhaka, pemain kaki kiri lainnya, telah memainkan posisi gelandang tengahnya dengan kemiringan besar ke arah sayap kiri, hampir seperti bek tengah sisi kiri di bek tiga. Ini telah memungkinkan bek kiri untuk mendorong ke posisi yang lebih ofensif dan memberikan keseimbangan yang lebih besar bagi tim masuk dan keluar dari kepemilikan.

Mari bukan gelandang tengah dan tidak akan menggantikan Xhaka dalam peran ini, diakui, tetapi kehadirannya sebagai bek tengah mungkin berarti bahwa Arteta tidak harus mengubah peran pemain internasional Swiss sejauh ini. Dia sekarang memiliki posisi kaki kiri yang dalam yang dikenal karena umpannya.